Dalam menjalankan usaha,
kita akan menemukan banyak tantangan dan rintangan. Salah satunya
adalah pesaing usaha yang menjadi kompetitor kita. Adakalanya pesaing
usaha sudah ada sebelum kita membuka usaha sejenis, namun ada juga
pesaing usaha yang muncul setelah usaha kita berjalan dengan baik. Oleh
sebab itu kita mesti memahami, mempelajari setiap pesaing bisnis kita
ini, berikut ini ada kiat kiat yang bisa dilakukan untuk menghadapi
pesaing usaha.
1. Pelajari Perilaku Pesaing Usaha
Pelajari perilaku pesaing atau
kompetitor. Kita harus mengetahui tentang harga jualnya. Misalkan,
harga jualnya Rp 5.000, berapa keuntungan yang di dapat dari harga jual
tersebut. Tapi yang penting, kita harus mengetahui mengenai hari hari
apa saja yang paling laris dan yang paling sepi. Bahkan, bila
dimungkinkan, kita harus mencari tahu jumlah karyawan yang di miliki
dan dibutuhkan untuk menjalankan bisnisnya. Ini agar kita dapat dengan
mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing usaha kita.
2. Pelajari Karakter Usaha Kita
Pahami lebih detil karakteristik usaha
yang kita geluti. Seluk beluknya, target pasarnya, harga pasarannya,
kebutuhan operasionalnya seperti air yang dibutuhkan, listrik, system
bisnisnya, serta apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan
membeli jasa usaha kita dan termasuk harga jual yang relevan yang akan
kita terapkan.
3. Modifikasi
Saat kita membuat modifikasi setelah
proses amati tiru, modifikasi yang di lakukan tentu untuk kearah yang
lebih baik. Misalkan saja kita menetapkan harga jual yang lebih murah
dari pesaing usaha kita, kualitas yang lebih baik, rasa yang lebih
enak, pelayanan yang lebih cepat, pelayanan yang lebih ramah, familiar
dan memuaskan. Intai apa yang kurang dari pesaing dan perbaiki dalam
usaha kita.
4. Diskon.
Berikan potongan harga terhadap
pelanggan yang mempunyai order yang cukup besar. Misalkan usaha kita
adalah warnet, jika perjamnya Rp 4.000 maka bila 5 jam sekaligus hanya
perlu membayar Rp 15.000 dari seharusnya Rp 20.000. Perbedaan harga ini
akan sangat terlihat di mata pelanggan, tentu saja ini akan menarik
minat konsumen untuk datang ke tempat kita. Intinya, jangan takut untuk
membuat terobosan yang akan dinilai positif dan membuat pelanggan betah
datang ke usaha kita.
5. Ramah, Mau Membantu dan jujur
Ramah dan mau membantu pelanggan adalah
kunci dalam berusaha terutama di bidang jasa, begitu juga dalam
menghadapi pesaing usaha. usahakan lebih ramah kapada pelanggan di
bandingkan perusahaan
pesaing bisnis kita pada pelanggan mereka. Bantu apa yang pelanggan
inginkan sebisa kita, tetap ramah terhadap pelanggan yang rewel
sekalipun. Jujur adalah kunci sukses sebuah usaha. Dengan jujur kita akan
memperoleh kepercayaan dari pelanggan kita, bila pelanggan sudah percaya
kepada kita tentu mereka akan memilih kita di banding pesaing usaha
kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar